LABORATORIUM

LABORATORIUM TEKNIK MESIN D3

Untuk menunjang pembelajaran di kelas, Program Studi D-III Teknik Mesin memiliki fasilitas laboratorium meliputi:

  1. Laboratorium Desain dan Gambar

Laboratorium  Desain dan Gambar didesain memfasilitasi mahasiswa untuk menguasai dasar-dasar dan aplikasi gambar teknik baik secara manual maupun berbantuan komputer. Laboratorium gambar teknik dasar dilengkapi dengan meja gambar manual untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan gambar teknik dasar. Pada laboratorium komputer untuk desain teknik tersedia komputer dengan spesifikasi khusus, sehingga sangat mampu untuk menjalankan software aplikasi desain teknik baik 2D maupun 3D. Mahasiswa dapat belajar menggambar dari mulai bentuk dasar sederhana sampai dengan membuat gambar komponen yang rumit, bahkan membuat gambar teknik untuk suatu mesin/peralatan yang merupakan gabungan dari beberapa komponen yang terdiri dari gambar model 3D dan gambar kerja 2D. Mahasiswa dapat meningkatkan skill menggambar teknik menggunakan software semisal AutoCAD maupun  Autodesk.

  • Laboratorium Manufaktur dan Produksi

Laboratorium  ini merupakan sarana yang mendukung pembelajaran praktik mahasiswa dalam berlatih praktis membuat alat atau bagian-bagian mesin yang sederhana dengan alat tangan,  dengan mesin konvensional maupun mesin yang dikendalikan atau dikontrol oleh komputer. Peralatan yang dimiliki diantaranya:

  1. Mesin Bubut
  2. Mesin Frais
  3. Mesin Scrap
  4. Mesin Bor
  5. Mesin Gerinda
  6. Mesin CNC
  1. Laboratorium Otomotif

Teknologi di bidang otomotif saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat, mulai dari teknologi mesin sampai sistem kontrol yang diterapkan. Perkembangan mesin yang sudah mulai bergeser dari teknologi dengan karburator ke sistem injeksi,  juga sistem transmisi yang dulu dengan sistem manual sekarang berkembang ke sistem otomatis. Semuanya itu sudah diakomodasi Laboratorium Otomotif yang siap memberikan pemahaman dan langsung mengenal ke media pembelajarannya.

  • Laboratorium Pneumatik dan Hidrolik

Laboratorium Pneumatik dan Hidrolik didesain untuk penguasaan kompetensi mahasiswa dalam bidang otomasi khususnya yang menggunakan prinsip kerja secara pneumatik dan hidrolik. Laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan pneumatik dan peralatan hidrolik, yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan percobaan penggunaan prinsip-prinsip mekanisasi dan otomasi suatu rangkaian. Diharapkan mahasiswa dapat menguasai prinsip-prinsip otomasi yang dapat diaplikasikan pada proses pemesinan maupun proses produksi lain dan sebagai bekal berharga untuk memasuki dunia kerja yang makin canggih teknologinya.

  • Laboratorium Material Teknik

Laboratorium Material Teknik sebagian besar kegiatanya melatih mahasiswa untuk pengujian logam atau untuk mengetahui sifat mekanik dan sifat fisik.

  • Laboratorium Teknik Pengelasan

Laboratorium Pengelasan merupakan laboratorium yang memfasilitasi mahasiswa dalam praktek pengelasan. Laboratorium ini juga digunakan untuk uji kompetensi bidang pengelasan.