Fakultas Vokasi ITNY Mendapatkan Bantuan Robot Industri dari CV Berkah Abadi Jakarta

Perkembangan teknologi di era Industri 4.0 terutama bidang robotika saat ini semakin berkembang pesat. Banyak Industri sudah menggunakan teknologi robotika untuk membantu proses otomasi produksinya. Selain itu banyak aplikasi robot yang bisa untuk membantu kegiatan manusia sehari-hari. Oleh karena itu untuk mendukung kesiapan Lulusan di Fakultas Vokasi ITNY agar siap menghadapi tantangan tersebut, saat ini di Fakultas Vokasi ITNY sudah menyiapkan kurikulum dan pembelajaran teknologi robotik yang dilengkapi dengan laboratorium yang cukup memadai.

Baru-baru ini Fakultas Vokasi juga telah mendapatkan bantuan Robot Industri dari Direktur CV Berkah Abadi Jakarta yaitu Bapak Triyanto Setyo Rukmono, ST yang juga merupakan salah satu alumni Teknik Elektro ITNY. Hal ini merupakan salah satu realisasi kerjasama yang telah dilakukan antara CV Berkah Abadi dengan Fakultas Vokasi ITNY. CV Berkah Abadi adalah merupakan perusahaan yang banyak bergerak di proyek yang terkait bidang otomasi dan robotika. Menurut Tugino, ST MT yang juga Dekan Fakultas Vokasi, bantuan Robot Industri ini sangat penting dan strategis dalam rangka membantu pembelajaran teknologi robotika kepada Mahasiswa sejak dini di saat kuliah sehingga diharapkan sudah siap apabila menghadapi tantangan teknologi sistem robotika di lapangan/industri.

Dalam sambutannya, Bapak Rektor ITNY Dr. Ir. H. Ircham, MT, menyampaikan ucapan terimakasih atas peran serta Alumni dalam membantu almamater untuk pengembangan laboratorium. Seperti diketahui bahwa bidang Robotika merupakan perpaduan ilmu multidisiplin yang lahir dari gabungan beberapa bidang ilmu seperti sistem mekanika, elektronika, dan komputer. Di sisi lain kecerdasan buatan sebagai suatu disiplin ilmu komputer mempunyai aplikasi yang luas untuk pendukung pengambilan keputusan. Hal ini terkait juga dengan pengembangan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem yang cerdas (autonomous) yang dapat diaplikasikan di berbagai bidang termasuk melibatkan teknologi Internet of Things (IoT), cloud computing, dan cognitive computing, imbuh Rektor ITNY.

Menurut Tugino, Pembelajaran sistem Robotika di Fakultas Vokasi ITNY ini memiliki tujuan untuk mengembangkan ilmuwan kreatif yang dapat berkontribusi pada penelitian dan pengembangan atau produksi yang terkait dengan teknik mesin, elektronik, robot industri, robot rumah, dan bidang terkait lainnya. Mahasiswa akan belajar dalam kelompok-kelompok kecil, bersama-sama melakukan praktik pemrograman dan mengoperasikan robot. Selain itu, mahasiswa juga ditantang untuk medesain robot dan melakukan penelitian supaya bisa menciptakan robot-robot yang memiliki fitur baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *